Website

Tebejowo Jowotebe

Tidak Perlu Ragu dan Takut, ini Tips Terbaru Berarung Jeram 2018


Tak perlu bisa berenang untuk bisa menikmati olahraga yang memacu adrenalin ini. Olahraga satu ini biasanya sangat cocok dilakukan saat musim penghujan. Selain debit air yang menjadi cukup besar, arus sungai pun menjadi semakin menantang.


Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat mengarungi sungai:
Memperhatikan alat keselamatan dan seluruh instruksi sebelum melakukan pengarungan

  • a.       Pelampung. Pilih pelampung yang pas dan jika perlu agak ketat. Perhatikan bahwa strap /ikatan yang paling bawah adalah yang paling penting karena strap ini yang akan lebih mengikat kepada pinggan/badan anda jika terjadi kondisi rescue disungai.
  • b.    Helm. Ukuran rata-rata helm peserta adalah ALL SIZE, Pastikan helm dipasang dengan baik dan tidak terlalu ketat. Masukkan 2-3 jari anda kebawah strap didagu, untuk memastikan helm sudah terikat tidak terlalu ketat, akan tetapi tetap nyaman dan kuta terpasang.
  • c.      Dayung. Siapa bilang dayung juga bukan alat keselamatan? Gunakan dayung secara terbalik untuk menolong rekan anda yang terjatuh kedalam air, atau jika anda sendiri yang jatuh, maka raihlah ujung pangkal dayung yang disodorkan guide, pegang erat dan biarkan guide yang mendekatkan ke perahu dan menarik anda kedalam perahu.

2. Jika jatuh kedalam air dari perahu, maka jangan panik! Bersikaplah tenang. Dalam safety talk bersama TEBEJOWO, sudah dijelaskan bahwa anda diharuskan berenang dengan posisi defensif yaitu dengan posisi rebah menghadap ke arah hilir. Dengan demikian posisi kaki mengarah ke hilir sehingga jika ada batu di depan kaki Anda bisa langsung mngerahkan badan Anda untuk menghindari. Saat menemukan eddy/tempat aman untuk menepi dipinggir sungai maka anda baru boleh berenang seperti biasa untuk menggapai lokasi tersebut. Selalu siap sedia, mata tetap awas melihat atau mencari tim rescue.
Team rescue selalu membawa PLUIT, dengarkan arahannya dan yang penting JANGAN PANIK.

3. Persiapkan fisik yang sehat. Melakukan aktivitas olahraga tentunya memerlukan badan yang sehat. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa berenang, asal mendengarkan instruksi pemandu dengan benar. Ada baiknya jika anda mengutarakan kepada pemandu bahwa Anda tidak bisa berenang atau jika kurang sehat.
Untuk larangan berpartisipasi untuk peserta yang mengidap penyakit tertentu sudah dibahas dalam artikel lainnya di blog ini.

4. Melakukan pemanasan Hal ini diperlukan untuk mencegah kram, terutama saat asyik mendayung bersama-sama menyongsong jeram sambil berteriak histeris tentunya J.

5. Pilihlah operator yang terpercaya. Memilih operator terpercaya dan jelas, operator yang sudah cukup lama dan berpengalaman sehingga memahami betul karakter dari masing-masing sungai. Jangan terkecoh dengan harga yang murah, dan hanya pastikan bahwa operator atau vendor sudah berpengalaman di jalur sungai tersebut.

Semoga membantu. Jika anda kesulitan bisa menghubungi kami, TEBEJOWO di nomor 0812 8120 4400 atau email tebejowo@gmail.com untuk memasikan kegiatan anda aman dan anda berada ditangan profesional dalam bidang kegiatan arung jeram ini.


Read More
Tebejowo Jowotebe

Event Rafting di Cisadane November 2017

Sekian lama tidka posting karena kesibukan melayani tamu-tamu TEBEJOWO, kami sempatkan sisipkan dokumentasinya saja ya.....

Kalau berminat bisa menghubungi kami di nomor kontak yang tercantum di website kami yang baru atau melihat paket paket lainnya dibawah ini.


Read More

Facebook Post

Wisata Kep Seribu #tebejowo #pulaupayung #lembahcemara #hiddenparadise #jakarta #pic #pines #sealovers #beachlovers https://t.co/QJSKh06kL5

Posted by Tebejowo Jowotebe on Tuesday, February 23, 2016