Website

Unknown

Ikan yang ditemui saat bersnorkeling di Kepulauan Seribu (bag-1)

Demi meningkatkan pengalaman anda dalam bersnorkeling dan membuka wawasan mengenai jenis dan hal yang unik dari biota laut yang kita temukan saat berwisata baik dengan keluarga atau rekan kerja seperti disampaikan dalam artikel tebejowo sebelumnya (klik disini) , berikut adalah macam-macam jenis ikan yang sering ditemukan saat ber-snorkeling di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Jakarta yang disertai dengan nama latin dan nama Indonesia sehingga memudahkan jika kebetulan anda pehobi akuarium air laut (tentunya sudah sering berkunjung ke sentra penjualan ikan air laut, seperti di jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat atau di Jalan Kartini) adalah sebagai berikut:

Latin                          : Neoglyphidodon melas
English                     : Bluefin Damselfish
Indonesia                : Betok Dasi  Biru

Ikan Remaja
Ikan Dewasa


Sifat
Agresif
Panjang Maksimal
17 cm
Diet
Omnivora
Keberadaan
Indo-Pacific, Laut Merah, Vanuatu

Juga dikenal dengan nama Royal Damsel or the Zulu Damsel. Warna biru pada dasinya akan hhilang saat beranjak dewasa dan menjadi gelap seiring pertumbuhannya. Warna ikan dewasa terlampir pada gambar. Maka jika anda sedang mendapati ikan ini saat bersnorkeling/diving sudah mengerti bahwa ikan ini adalah jenis yang sama.


Latin                          : Abudefduf saxatilis
English                     : Sergeant Major Damselfish
Indonesia                : Betok Sersan Mayor

Ikan Remaja
Ikan Dewasa

Sifat
Semi-Agresif
Panjang Maksimal
22 cm
Diet
Omnivora
Keberadaan
Pacific, Karibia

Dapat ditemukan dikedalaman 1-12 meter dan mereka bertelur pada substrat yang keras dan menjaganya secara intens sampai menetas. Warna ikan dewasa dan masih kecil (juvenile) hampir sama dengan warna kuning yang semakin memudar sampai beranjak dewasa.

Latin                          : Thalassoma lunare
English                     : Moon Wrasse fish
Indonesia                : Keling Asli
Ikan Remaja
Ikan Dewasa



Sifat
Semi-Agresif
Panjang Maksimal
25 cm
Diet
Carnivora
Keberadaan
Indo-Pacific, Afrika, Australia, Fiji

 
Dapat ditemukan dikedalaman 1-20 meter dan mereka bersifat protogynus hermaprodhites, yaitu semua dilahirkan dengan jenis kelamin betina dan akan berubah menjadi pejantan dengan proses yang cukup cepat yaitu hanya 10 hari saja. Ikan jenis ini sangat banyak ditemukan diperairan tropis sehingga tidak dikategorikan sebagai jenis ikan yang jauh dari kepunahan meski banyak diperjualbelikan karena sifatnya yang tahan perubahan lingkungan.
Latin                          : Chaetodon octofasciatus
English                     : Eight-lined Butterflyfish
Indonesia                : Kepe Belang

Chaetodon octofaciatus

Sifat
Non-Agresif
Panjang Maksimal
11 cm
Diet
Carnivora
Keberadaan
Pacific

Jenis Butterflyfish ini yang banyak dijumpai di Lautan Pacific dari Indonesia sampai Papua New Guinea dengan badan putih (latar) yang di hiasi 7 garis hitam vertical dan 1 garis di moncongnya. Dapat ditemukan dikedalaman 3-20 meter Hidup secara berpasangan dan sering bersembunyi dikarang-karang. Terlihat anggun dan sangat jarang ditemui karena akan cepat bersembunyi ketika ada bahaya/ancaman sepetti ikan besar atau manusia. Makannannya ekslusif jenis Coral Polyps.

Demikian isi artikel ini, nanti akan diterbitkan bagian ke-2.
Ayo berwisata bersama tebejowo Island Adventure, karena bukan hanya kesenangan yang didapat juga pengetahuan gratis mengenai lingkungan yang spesifik diarea kita berwisata.

Maju terus Wisata Indonesia.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
November 30, 2011 at 7:15 PM delete

wihhh Indonesia emang surga pecinta snorkling

Reply
avatar