Website

Tebejowo Jowotebe

Tips dan Trik Berwisata

 Dalam berwisata beberapa aspek harus dilakukan, sehingga baik kita hanya sebagai peserta atau pemimpin rombongan akan merasa bahwa perjalanan wisata ini bisa dinikmati semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan dan tema yang dimaksudkan. Agar perjalanan Anda bisa lebih menyenangkan ada pilihan yang saat ini sedang trend: Jika anda tidak mau repot-repot lagi memikirkan acara di tujuan wisata, konsultasikan keinginan Anda karena pihak agen wisata biasanya siap membantu dari keperluan A sampai Z. Sebelum melakukan travel wisata terutama ke luar negeri, perlu membekali diri dengan dokumen perjalanan, buku panduan wisata, pakaian yang disesuaikan dengan suhu ataupun musim negara setempat dan tentu saja uang saku yang cukup.

Berikut adalah beberapa aspek yang kami bahas tuntas secara berurutan:

Planning. Perencanaan dalam berwisata sangatlah berguna dan tentu saja mempunyai kesenangan tersendiri, karena seperti kata pepatah “Perjalanan seberapapun jauhnya hanya akan dimulai dengan 1 langkah”. Rencanakanlah perjalanan Anda dengan matang, ada baiknya melakukan reservasi atau pemesanan satu bulan bulan dimuka, atau untuk event-event libur nasional melakukan reservasi lebih panjang, misalnya 2 bulan dimuka. Hal ini akan mencegah budget  untuk berwisata anda membengkak, karena otomatis harga seluruh komponen wisata di semua lokasi wisata akan naik. Perencanaan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya juga lebih menguntungkan karena biro perjalanan wisata bisanya memberikan diskon yang cukup menarik.

Do Your Homework. Maksudnya bukan mengerjakan pekerjaan rumah atau PR akan tetapi lakukan penelitian kecil-kecilan di internet. Berikut adalah poin-poin penting yang harus di teliti:

1. Teliti Event Organizer. Janganlah terlena dengan discount khusus atau agen perjalanan wisata terkenal sekalipun. Perhatikan bahwa Event Organizer atau dalam hal ini Agen Wisata yang dimaksud apakah akan ada karyawan EO tersebut yang menyertai dari mulai acara berlangsung sampai dengan berakhirnya acara? Hal ini sangat penting karena beberapa agen wisata, On the sake of minimizing the cost, akan bekerja sama (melempar) kepada Agen Wisata lainnya didaerah, dan perpindahan tanggung jawab antar 2 badan usaha/ perusahaan berbeda jelas jarang mulus dan 100% sukses. Pastikan harus selalu ada karyawan/personel Agen Wisata yang deal dengang kita langsung selama acara berlangsung. Hal ini akan memperkecil peluang terjadi miskomunikasi antar agen wisata tersebut. Berhati-hatilah dalam memilih paket travel wisata dan pilihlah yang berkualitas dan tanyakan referensi kepada sahabat atau  rekan yang pernah menggunakan servisnya. Tidak semua agen travel wisata mampu menyediakan hal-hal yang dibutuhkan pelanggan, untuk itu Anda harus jeli memilih yang berkredibilitas tinggi. Perhatikanlah dengan seksama paket-paket wisata yang ditawarkan oleh biro travel wisata.
Utamakan memilih Agen Wisata yang mementingkan keselamatan karena hal ini adalah yang paling penting (ultimate!) dan bukan bisnis yang utama. Khususnya yang menguasai keadaan lokasi wisata (cuaca, suhu, kondisi alam, etc.) sehingga akan memberikan opsi pada kondisi yang tidak memungkinkan.

2. Teliti Biaya. Janganlah terlena dengan iming-iming harga murah saja. Perhatikan dengan fasilitas yang akan diperoleh dan kesuaian dengan harga. Mintalah dibuatkan itinerary acara beserta keseluruhan isi dari paket wisata yang akan dibeli. Apakah sudah termasuk penginapan (hotel, motel atau penginapan kelas melati), transportasi (tiket pesawat, sewa kendaraan, penjemputan atau ojek seklipun) dan item obyek wisata yang akan dikunjungi.

3. Teliti Peserta. Impian berwisata yang menyenangkan akan selalu menjadi tujuan setiap peserta, akan tetapi tentunya peserta masing-masing mempunyai kriteria tertentu akan wisata yang menyenangkan ini.
- Tetapkanlah tema perjalan wisata anda, apakah wisata adventure, traveling biasa, wisata kuliner atau wisata jenis lainnnya.
-Tetapkan jumlah peserta, karena hal ini akan membantu mengurangi biaya karena seperti biasa, rule of thumbs ekonomi yaitu semakin banyak demand semakin murah.
- Periksalah kebutuhan  khusus peserta, misalnya jika ada peserta yang alergi makanan tertentu atau mempunyai ukuran sepatu/pakaian khusus. Untuk peserta muslim tentunya sangat memperhatikan makanan yang disediakan yaitu harus Halal dan Tidak Najis.
Hal ini akan memperlancar penyediaan kebutuhan dasar baik wisata yang dikelolal sendiri atau mempergunakan agen wisata.

4. Teliti Lokasi. Periksalah lokasi tujuan objek wisata, tentunya ada hal khusus yang harus kita persiapkan, misalnya membawa sunblock atau sunglass  apabila ke pantai atau tempat yang mempunyai exposure sinar matahari cukup tinggi. Periksalah waktu yang berlaku di lokasi, misalnya untuk Bali adalah 1 jam lebih awal karena sudah memasuki Waktu Indonesia Tengah (WITA) dibanding Jakarta yang masuk Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Atau untuk wisata keluar negeri yang paling penting adalah pengenalan akan musim yang berlaku di objek wisata.

Persiapan. Saat anda sedang melakukan perjalanan jauh, atau pergi travel tentu kenyamanan dan selamatan diri harus dijaga. Salah satunya adalah dengan membawa obat-obatan khusus yang memang diperluakan bagi Anda. Apalagi bagi Anda yang memang punya penyakit tertentu yang harus segera mendapat penanganan. Agen wisata yang baik akan mempersiapkan kebutuhan obat dasar; misalnya betadine, plester, antimo dll. Akan tetapi tidak ada salahnya anda mempersiapkan hal lain yang menunjang kesehatan dan stamina anda selama berwisata semisal vitamin atau jenis supplemen lain.

Pelaksanaan. Hal yang paling dinanti telah tiba, tentunya anda tidak mengharapkan salah satu peserta membatalkan atau terlambat datang dilokasi. Untuk itu adakan sedikit koordinasi 1 hari sebelum pelaksanaan dengan setiap peserta. Apabila kondisinya tidak terhindarkan maka konsultasikan segera kepada pemimpin rombongan atau agen wisata. Hal ini untuk menghindarai adanya kewajiban khusus yang tentunya akan dibebankan anda atau kepada peserta yang ada. Agen wwsata yang baik tentunya dapat mengerti kondisi-kondisi khusus seperti ini dan tidak serta merta menutup ruang untuk negosiasi mengenai besarnya denda ataupun misalnya reschedule jadwal.

Kami dari tebejowo senantiasa akan selalu melakukan improvisasid dan menjadi referensi akan wisata yang baik, khususnya mengenai hal-hal yang kami sebutkan diatas. Karena bagi kami kesempatan untuk mendapatkan pengalaman wisata yang baik adalah impian semua orang dan dengan berwisata, khususnya di dalam negeri berarti kita telah memajukan ekonomi daerah setempat dan ekonomi Indonesia.

Semoga informasi ini berguna dan dalam posting selanjutnya kami akan sertakan daftar checklist yang bisa didownload untuk digunakan bagi para calon wisatawan untuk mensukseskan perjalanan wisatanya.

Maju Terus Ekonomi Daerah!

Tebejowo Jowotebe

About Tebejowo Jowotebe -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :