Website

Unknown

Trip Pulau Tidung, Air dan Pramuka 4-5 Februari 2011

“Bule Singapore ngidam Penyu dan Mancing, malah bonus dapat Bintang Laut"

Pukul 05.30 kami menjemput dititik yang sudah disepakati yaitu Hotel Sanno pluit Jakarta Utara, setelah sebelumnya mereka sarapan pagi di hotel, segera kita lanjutkan perjalanan ke pelabuhan Muara Angke.
 Pagi itu suasana pelabuhan Muara Angke tidak terlalu rame.penumpang yang akan ke Pulau Tidung juga tidak terlalu banyak karena hari ini bukan hari libur. Mungkin besok hari sabtu diperkirakan baru akan rame oleh penumpang yang akan ke pulau tidung. Selanjutnya kami bergegas naik kekapal, kebetulan waktu itu KM. Kurnia telah menunggu. Kami sengaja memilih dek bagian atas kapal agar bisa menikmati pemandangan Teluk Jakarta yang indah sambil menjelaskan satu-persatu pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu ini kepada peserta trip.Karena sudah pasti selama perjalanan akan disuguhi pemandangan pulau-pulau yang merupakan untaian tidak terputus dari keluarga besar Kepulauan Seribu.Kami mulai menjelaskan, dimulai sekitar 10 menit sejak start dari Muara Angke dari kejauhan kita mulai bisa melihat Pulau Bidadari di sebelah kanan, tepatnya arah Timur laut. Kemudian tampak dikejauhan ada pulau Kelor.Sementara di sebelah kirinya Pulau Onrust.

Perlahan kapal berlayar melewati Pulau Bidadari akan bersua dengan perahu-perahu nelayan.
Tidak lama lagi akan berjumpa Pulau Untung Jawa, yang di seberang-nya terlihat Pulau Rambut. Pulau Rambut merupakan pulau tempat yang khusus di huni para burung. Karenanya dinamakan Pulau Burung. Melewati Pulau Untung Jawa, sekitar setengah jam sebelah kiri dari kejauhan akan melihat Pulau Pari, kemudian pulau Kongsi, pulau Tikus, Pulau payung baru kemudian Pulau Tidung. Sebelum turun dari kapal Juga tak lupa kami menjelaskan tentang kondisi pulau Tidung.dari tidung besar berlanjut ke tidung kecil.juga kebiasaan dan tradisi masyarakat Pulau Tidung yang terkenal ramah. Pemandangan teluk jakarta yg indah dengan burung-burung yang melintas dan deretan pulau dengan karakteristik yang berbeda, menjadikan perjalan sepanjang dua setengah jam menjadi tidak terasa dan sampailah kita di tujuan yaitu Pulau Tidung.
 Pukul 10.30 wib setelah sebelumnya istirahat sejenak kita mulai kegiatan dengan bersepeda keliling pulau tidung.dan dilanjutkan dengan snorkling di ujung Pulau Tidung tepatnya disebelah kanan Jembatan Cinta,yaitu jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung besar dan kecil.setelah puas bersnorkling dilanjutkan dengan tantangan selanjutnya.yaitu lompat dari Jembatan Cinta."Mr Reji...the next challenge is jump from the bridge.." Sambil menujuk kearah Jembatan Cinta...
“Are you  ready?...
"Oke" jawab Mr Reji.

Kemudian dia pun bergegas naik ke atas jembatan dan mbak Rina pun mengiringi...tetapi sesampainya diatas ternyata Mr Reji ini mengurungkan niatnya untuk melompat dari jembatan yang tingginya kira-kira 5 meter ini.

kami nggak tau persis kenapa dia mengurungkan niat mungkin dia merasa ngeri juga setelah melihat ketinggian jembatan ini. ementara dikanan kiri jembatan, anak-anak kecil penduduk setempat,yang dari tadi loncat berkali-kali dengan riangnya seakan meledek mereka.. .akhirnya hanya mbak Rina saja yang berani loncat dari Jembatan Cinta ini...bahkan sampai dua kali lho....semangat tepuk tangan dan sorak sorai mengiringi setiap lompatan mbak Rina ini. setelah merasa puas akan kegiatan hari ini kemudian mereka pun beristirahat, dan sambil menunggu SUNSET, kita isi dengan makan-makan bersama didekat Jembatan Cinta.
  Seperti biasa malam harinya kita isi dengan acara berbeque.berbagai macam ikan segar disediakan untuk acara ini.dari cumi,ekor kuning, bahkan sampai ikan pari juga ada.Mr Reji dan mbak Rina makan  ikan bakar itu dengan lahapnya.kebetulan kata Mr Reji,ini pengalaman pertamanya makan ikan pari bakar.
 Keesokan harinya kita isi acara dengan bersnorkeling kembali.kali ini kita bersnorkling di Pulau Air yg terkenal bagus dengan air yg jernih dan hamparan karang yang indah, juga ikanikan yang berseliweran, menambah indahnya pemandangan bawah laut dipulau ini. Sebelum acara snorkeling tiba, kita isi dengan explore pulau ini terlebih dahulu sambil berfoto-foto disana.sementara dari beberapa team kami menentukan dispot yang paling bagus untuk kegiatan snorkeling kali ini. Snorkling time...Tanpa ragu Mbak Rina dan Mr Reji segera meloncat ke dalam air yang bening dengan pakaian bersnorkel yang sudah lengkap tentunya.
Kali mereka sangat menikmati kegiatan bersnorkeling ini.sambil bernyanyi-nyanyi kecil didalam air Mr. Reji ini terus bersnorkeling, tambah semangat lagi ketika Mr Reji ini bisa mendapatkan bintang laut  yang berwarna biru yang cantik dan jumlahnya banyak sekali.

Kelihatanya Mr Reji senang sekali, walaupun akhirnya semua bintang laut dan karang2 yang kita dapatkan ini harus kita lepaskan lagi ke habitatnya semula, ini penting kita lakukan  demi terjaganya keseimbangan biota laut yang pada akhirnya akan menjamin keindahan pemandangan bawah laut dipulau ini. Kita harus ikut melestarikan dan jangan sampai kita merusaknya.

Setelah puas bersnorkeling kita lanjutkan perjalanan ke Pulau pramuka, di pulau ini  juga banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi, diantara penangkaran penyu dan segera kita bergegas menuju kesana sebelum rencananya, mereka akan kembali ke Muara Angke dari pulau Pramuka dan sebelum nya  tak lupa mereka berfoto-foto dengan penyu yang mereka tangkap langsung dari tempat penangkaran.
Berbagai gaya foto dengan penyu sempat kami abadikan dalam kamera kami, ini dia aksi-aksi mbak Rina dan Mr Reji yang lucu...

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.