Website

Tebejowo Jowotebe

Gunakan Sandal menghindari Ikan Lepo di Pantai Tidung Kecil

Sehubungan dengan tingkat insiden wisatawan Pulau Tidung yang terluka karena terkena racun Ikan Lepo yang terjadi saat wisatawan bermain di pantai terutama di area Pulau Tidung Kecil, maka disarankan agar menggunakan sandal saat bermain di pantai di Tidung Kecil. Karena dalam 2 minggu terakhir (Juni 2011) telah memakan korban wisatawan lokal.



Sekilas mengenai Ikan Lepo yaitu ikan yang sering berada dalam terumbu karang ini ada 2 jenis yang sangat unik, antara lainnya adalah Ikan Lepu Ayam, dan Ikan Lepu Batu. Keduanya memiliki duri tajam yang berbisa di sirip punggungnya. Oleh karena itu itu berhati-hatilah ketika berjalan di pantai! Jangan sampai teman-teman menginjak salah satu dari mereka ya…!
 
Ikan Lepu ayam bercorak belang-belang dan suka berenang-renang.







Ikan Lepo Batu suka berdiam di atas pasir dengan  dengan wajahnya seram, warna dan bentuk tubuhnya seperti batu jika dilihat oleh mata telanjang.













Ketika insiden terkena racun/bisa Ikan Lepo maka korban akan merasakan sakit tertusuk biasa yang lama-kelamaan akan meningkat menjadi sakit tak terperikan. Segera larikan korban ke Rumah Sakit/Dokter terdekat untuk diambil tindakan (dibedah dan dikeluarkan bisanya) sebelum kemudian diberikan obat penahan rasa sakit untuk beberapa hari (satu minggu).

Penduduk pulau biasanya menyarankan agar telapak kaki korban dibedah dan diberikan gerusan korek api sebanyak 5-10 batang dan kemudian dinyalakan, untuk menghancurkan bisa/racun Ikan Lepo tersebut, konon, cara ini lebih efektif sehingga hanya akan membuat korban merasakan sakit lebih pendek, yaitu 2 hari!.... 

Makanya gunakan sandal ya…….. dan selalu mentaati Guide Lokal yang memberikan arahan pantai mana yang cocok untuk bermain.

KEEP SAVE GUYS......

Tebejowo Jowotebe

About Tebejowo Jowotebe -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :