Website

Tebejowo Jowotebe

ALL ABOUT SNORKELING

Sebagai Travel Agent yang berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memuaskan pelanggan baik secara informasi maupun tata kelola pelaksanaan acara wisata, berikut informasi mengenai salah satu aktifitas watersport yang saat ini sedang digandrungi wisatawan yaitu Snorkeling. 
Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel.
Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.
Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walaupun demikian, seperti halnya Scuba Diving, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.
PENGENALAN PERALATAN SNORKELING
Bermacam-macam bentuk, tipe dan ukuran yang tersedia dipasaran, beberapa manufaktur terkemuka seperti Aqualung, Atomic Aquatics, atau Mares menyediakan tipe high-end yang sangat jarang ditemukan di penyewaan alat snorkeling. Di Jakarta tersedia beberapa Dive Shop yang menyediakan kebutuhan alat selam tersebut dan selalu test penggunaan sebelum membeli karena faktor cocok atau tidaknya peralatan sangat bergantung pada anda (kebiasaan dan bentuk tubuh si pemakai).
www.aqualung.com
www.mares.com

www.atomicaquatics.com



            Mask
Digunakan untuk dapat menikmati keindahan bawah laut dengan mencegah air memasuki mata kita. Akan sangat sulit menikmati pemandangan apabila mask yang kita gunakan terlalu sering berkabut (fogging) atau bocor. Gunakan Mask yang cocok dengan kontur muka kita adalah yang terpenting.



             Fin
Untuk bergerak didalam air akan lebih mudah dan cepat menggunakan fin (kaki katak). Peralatan yang tersedia secara umum di penyewaan dilengkapi dengan 2  atau 3 ukuran, misalnya 40-41 untuk digunakan oleh orang yang mempunyai ukuran sepatu 40 atau 42, atau 42-44 untuk ukuran sepatu 40, 41 atau 42, begitu seterusnya. Tersedia pula fin Open-Heel dimana penggunaannya harus dilengkapi dengan boot khusus selam untuk menghindari lecet kulit kaki dan mencegah dari biota laut yang dapat melukai kaki.

 
             Snorkel
Tersedia beberapa tipe dan jenis, namun yang utama adalah bahwa katup udara bekerja secara baik (tidak bocor) untuk mencegah air masuk kedalam mulut maupun memudahkan dalam memompa air keluar dari alat.
Biasakan terlebih dahulu bernapas menggunakan mulut dalam alat snorkel tersebut sebelum mulai menikmati pemandangan indah dibawah. Jangan terburu-buru memasuki air, khususnya bagi pemula karena hal ini sangat penting demi kemudahan anda dalam menikmati wisata air.


              Life-vest
Untuk wisatawan yang tidak bisa berenang, tetap dapat menikamti snorkeling dengan menggunakan baju pelampung. Gunakanlah baju pelampung secara baik dan benar, yaitu dengan tidak terlalu kencang mengikat tubuh.

Usahakan masuk air secara perlahan dan tidak panik. Balikkan badan dan julurkan kaki kedepan hal ini akan membuat anda rileks dan tidak tenggelam kan! Gunakan carta yang sama untuk membersihkan mask dari upa air (kabut) atau membuang air dalam snorkel (jika belum terbiasa memompa/meniup air secara langsung keluar dari snorkel). Pelampung dilengkapi dengan peluit, gunakan peluit dalam kondisi darurat untuk memancing perhatian atau dalam kondisi butuh pertolongan (misalnya terseret arus atau memanggil kelompok yang terpisah).
Jika anda berminat memiliki sendiri maka informasi diatas bisa menjadi referensi anda sebelum pergi shopping!

Dikutip dari berbagai sumber:


Artikel berikutnya tebejowo akan memberikan informasi mengenai hal-hal uyang dapat dilakukan Snorkelers (para penikmat Snorkeling) dalam Upaya Pelestarian Alam dan Habitat didalamnya.

Tebejowo Jowotebe

About Tebejowo Jowotebe -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :