Website

Tebejowo Jowotebe

Trip Pulau Tidung 4 - 5 December 2010

Pukul 05.00 WIB. Malam masih menyisakan gelapnya dan perlahan mulai terkikis oleh sang surya, ketika saya mulai perjalanan dari rumah didaerah Cijantung dengan menjemput para peserta trip Tidung kali ini yang berlokasi  di daerah Bekasi. Kami putuskan untuk menempuh perjalanan lewat tol Cikunir supaya bisa mempersingkat waktu. Kebetulan jalanan tidak macet, mungkin karena hari Sabtu sebagian karyawan dan anak sekolah libur dan juga hari masih pagi sekali. Mereka yang tepatnya berkumpul di depan Ayam Goreng Suharti , Bekasi adalah rombomngan yang dipimpin oleh Fitri Aida. Peserta lainnya dengan kendaraan terpisah kami jemput dari Bandung, tepatnya yaitu rombongannya mbak Caroline Novela.

Pukul 06.30 WIB. kami sampai di Pelabuhan Muara Angke dan kapal pun hampir penuh dengan penumpang yang berniat sama, yaitu berlibur di Pulau Tidung.Kapal yang membawa kami ke Tidung, saya perkirakan bisa memuat kira-kira 100-an orang penumpang beserta barang-barang bawaannya, dan terdiri dari dua lantai. Ada bagian bawah dek kapal dan di bagian atas dengan atap terbuka separuh, yang separuh lagi di beri tutup terpal. Masing-masing dari peserta segera bergegas mencari tempat yang mereka sukai.kami mengambil tempat di dek bawah.sebagian lagi berada didek atas diujung depan kapal.ada juga yang didekat pintu sehingga bisa melihat langsung pemandangan teluk jakarta yang indah langsung dari atas kapal.

Pukul 07.00.Matahari tidak begitu menyengat meskipun langit terlihat cerah dan kapal yang kami tumpangi mulai berangkat dan tak lupa kami abadikan dengan berfoto diatas kapal. Satu jam pertama kami lewati dengan foto-foto dimana sebagian dari peserta banyak yang tertidur. Mungkin karena udara yang tidak terlalu panas karena sempat turun hujan sebentar dan angin yang bertiup sepoi-sepoi.     
   
Pukul 10.00 akhirnya kami tiba di Dermaga Pulau Tidung. Pagi menjelang siang itu, dermaga Pulau Tidung terlihat begitu ramai. Ada puluhan rombongan wisatawan yang datang dari arah Jakarta.Selanjutnya kami segera menuju penginapan yang sudah disediakan. Khusus penginapan tebejowo letaknya cukup dekat dari pelabuhan..

Pukul 11.00 WIB setelah sejenak beristirahat kami pun memulai kegiatan Tebejowo trip tidung island ini dengan bersepeda mengelilingi pulau dengan sepeda yang sudah disediakan tentunya.Seluruh peserta sibuk memilih sepeda yang cocok.kelihat seluruh peserta sangat bersemangat untuk mengelilingi pulau tidung yang tidak terlalu luas.disela2 acara bersepeda berkeliling pulau tak lupa juga kami abadikan dengan foto bersama seluruh peserta.walaupun ada sebagian peserta yang berpencar.sehingga tidak ikut dalam acara foto2 tersebut.

Pukul 12.00 setelah puas bersepeda keliling pulau,kami dan rombongan tiba kembali dirumah dan selanjutnya adalah acara makan siang.Dengan hidangan yang khas pulau tidung yang tidak lain adalah sejenis ikan selar goreng dan sayur lodeh juga menu lainya seluruh peserta menyantap hidangan dengan lahap.kebetulan kami menghidangkan dengan cara prasmanan sehingga seluruh peserta bisa leluasa makan hingga kenyang.setelah makan siang akan dilanjutkan dengan acara snorkling,disela2 waktu kurang lebih 1 jam itu peserta diberi kesempatan untuk sekedar beristirahat sejenak,atau membersihkan diri dan bagi yang muslim dipersilahkan untuk sholat dhuhur.kami juga menyarankan untuk menjamak sholat dhuhur dan sholat ashar,karena acara selanjutnya akan memakan waktu lumayan lama ditengah laut.   

Pukul 13.00 WIB Setelah makan siang dan istirahat,sampailah kita pada acara selanjutnya yaitu snorkling.seluruh peserta kelihatan sibuk mempersiapkan diri masing2.mempersiapkan  kaos, celana, dive suit dan milih fin (spatu katak), pelampung (life jacket) dan kacamata snorkel (goggle) dengan ukuran yang cocok dengan ukuran masing2 peserta.Kemudian setelah semua siap kami langsung menuju kapal yang telah disiapkan untuk membawa kami bersnorkling.kami pun berangkat  menuju blok di dekat pulau payung dan air sebagai lokasi snorkling pertama.Terlihat airnya yang bening dan berwarna hijau sungguh indah dan menggoda untuk bisa mandi di situ.tak sabar sebagian peserta  spontan loncat kedalam air.Semua peserta turun kelaut hanya sebagian kecil saja yang belum turun karena masih ragu atau mungkin takut.kami pun langsung mengambil gambar mereka satu persatu didalam air dengan kamera air milik kami.tak lupa saya pun ikut terjun dan bersnorkling ria bersama Joko dan Andi.sambil sesekali membantu para peserta yang belum begitu mahir menggunakan alat2 snorkling dan kegiatan bersnorkling ini.Pengalaman pertama melihat dasar pantai begitu  menakjubkan.sesekali melihat ikan ikan bersliweran indah sekali.Saya pun ikut merasakan asinya air laut dengan menelan air laut yang asin tersebut lewat mulut dan hidung saya.mungkin pengalaman saya jg tak akan jauh beda dengan peserta yang lain,yaitu tertelan air laut dan juga terluka oleh karang laut yang tajam.tapi itu semua sebanding dengan pengalaman yang begitu amazing ini.Semuanya akan terlupakan oleh pesona bawah air pantai Tidung.setelah puas bersnorkling kami melanjutkan perjalanan menuju pulau payung untuk sejenak beristirahat dan mengisi perut.kemudian dilanjutkan lagi dengan snorkling session ke dua.pada bagian kedua ini hanya sebagian peserta saja yang turun ke laut.mungkin sudah terlalu capek dan kedinginan.atau ketakutan juga karena ada salah satu peserta yang terkena sengatan bulu babi.sehingga harus dibantu untuk naik ke atas kapal.dan selanjutnya kami berikan pertolongan semampunya.setelah benar2 puas bersnorkling dan mengapung dipantai kami pun kembali ke penginapan.

Pukul 18.00 WIB.Kami tiba di penginapan.seluruh peserta segera mandi dan berganti pakaian untuk melakukan aktivitas selanjutnya.yaitu makan malam dan berbeque.Setelah sholat magrib kemudian dilanjutkan dengan makan malam dan berbeque.kali ini makan malem dengan hidangan ikan selar yang cara penyajiannya dengan dibakar.juga disediakan sambel kecap dan sayuran.juga ada tempe dan krupuk ikut melengkapi menu makan malam kami.dan kami pun makan dengan lahapnya.selesai makan malam dilanjutkan kembali dengan  berfoto2 di "jembatan cinta".begitu orang2 menyebut jembatan yang menghubungkan pulau tidung besar dan pulau tidung kecil.dengan bersepeda kami menuju kesana.ada yang sendiri ada juga yang berboncengan.walau jalan agak gelap dan terpaksa menggunakan senter darurat dari handphone milik kami,akhirnya kami pun tiba disana.dan segera berfoto2 ria.sesekali peserta meminta tolong untuk difoto dengan pocket kamera yang mereka bawa sendiri.wah..sungguh indah panorama laut dipulau tidung ini dimalam hari.berbagai pose telah diabadikan kedalam foto.akhirnya setelah puas kami segera kembali ke penginapan untuk kemudian beristirahat agar besok bisa bangun pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Agar bisa menyaksikan sunrise yang indah esok pagi.sebelum tidur kami sempat ngobrol-ngobrol dan bernyanyi serta bermain gitar bareng dengan peserta yang kebetulan belum mengantuk.pukul 22.30 karena sudah sepi dan mulai mengatuk  kami pun mulai beranjak tidur.

Pukul 05.00 WIB Karena kecapaian dan cuaca yang sangat mendukung dikarenakan sempat turun hujan kami jadi terlambat bangun pagi.kami semua bergegas mempersiapkan diri untuk jalan-jalan pagi bersama seluruh peserta dengan tujuan pulau tidung kecil.seperti biasa kami tempuh perjalanan dengan bersepeda sampai diparkiran dekat jembatan.disitu sudah ada tukang parkir yang mengatur sepeda para pengujung pulau tidung kecil itu.kemudian dilanjutkan  dengan berjalan kaki dengan melewati jembatan.Sungguh indah pemandangan disini.Udara yang segar dengan hamparan laut biru bak permadani yang terbentang luas.benar-benar menakjubkan.Jembatan dari kayu yang tersusun rapi hingga ke ujung pulau,sungguh pemandangan yang exotis.Pagi ini jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil menjadi sangat ramai. Jembatan inilah yang merupakan ikon dari Pulau Tidung. Sepertinya, jembatan inilah kelebihan Pulau Tidung jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu.Walau pun ada sebagian kecil  Jembatan kayu yang rusak dan lapuk karena air laut,sehingga para peserta harus lebih hati2 sewaktu melewati jembatan tersebut. Sepanjang jalan kami sibuk mengambil gambar dari seluruh peserta.dan sesekali juga minta difoto dengan kamera bawaan mereka sendiri.dipulau tidung kecil selain berfoto2 kami juga sempat sarapan pagi bareng peserta.tetapi ada sebagian yang cuma minum teh atau kopi saja.Walaupun gagal menyaksikan sunrise karena kebetulan tertutup mendung pagi itu para peserta kelihatan puas.dan saya sempat melihat kegembiraan mereka bertambah ketika ada peserta yang punya ide untuk menyempatkan diri mengambil buah petai cina untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pukul 07.00 WIB kami kembali ke penginapan.dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama.hidangan nasi uduk dengan lauk lengkap telah tersedia.ada bihun goreng telur juga tempe orek.tak ketinggal buah pisang sebagai pencuci mulut.tak membutuhkan waktu lama para peserta melahap habis hidangan itu.

BANANA BOAT TIME!
Pukul 09.00 WIB setelah sarapan pagi dan mandi pagi,acara kami lanjutkan kembali dengan acara terakhir kami yaitu Banana boat.kami tiba dilokasi banana boat yang berdekatan dengan "jembatan cinta" atau jembatan yang menghubungkan tidung besar dan kecil.suasananya ramai sekali.Beberapa warung yang berjejer di sepanjang jalan menjual berbagai makanan dan minuman, kelapa muda, suvenir khas pantai yang terbuat dari kerang yang tadi pagi kami lihat belum buka,skarang sudah ramai dengan pengunjung.para peserta mulai dapat giliran.satu persatu grup masing2 terdiri dari 5 orang mulai mendapat giliran. hampir seluruh peserta kebagian naik banana boat.tak terkecuali saya juga ikut menikmati acara ini.tak lupa juga diacara ini diabadikan dengan bidikan fotografer andi dengan SLRnya dan joko dengan kamera airnya.akhirnya, setelah berbanaboat ria seluruh peserta tampak puas dengan pengalaman mereka masing2.ada yang tertawa-tawa seneng karena pengalaman pertama kali  naik bananaboat.ada pula yang masih kaget karena belum siap kecebur kelaut dari bananaboat yang mereka naiki,memang akan terasa kurang seru,kalo naik bananaboat tanpa basah-basahan nyebur ke laut.   

Pukul 12.00 WIB kami telah kembali ke penginapan dan bersiap2 untuk pulang menuju muara angke.dan selanjutnya kami tiba di dermaga tidung.kapal telah menunggu.kami segera bergegas masuk kekapal yang akan membawa kami pulang menuju muara angke.Tak banyak yang bisa kami ceritakan diperjalanan pulang ini.karena setelah tiket kapal dibagikan saya tertidur,mungkin karena terlalu kecapaian dan mengantuk.
    
Pukul 16.00 WIB kami tiba dimuara angke.dan tak beberapa lama menunggu, mobil jemputan pun tiba, untuk selanjutnya mengantar kami dan seluruh peserta pulang kerumah masing2.

Tebejowo Jowotebe

About Tebejowo Jowotebe -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :